Cara Tetap Makan Enak Walau Darah Tinggi Kambuh

Cara Tetap Makan Enak Walau Darah Tinggi Kambuh

Para ahli kesehatan tidak jarang untuk menyarankan anda agar menjalankan pola hidup dengan makan makanan berserat dan rendah lemak. Ketika darah tinggi kambuh atau hipertensi hal tersebut mampu menurunkan berbagai macam penyakit berkelanjutan seperti kolesterol.

Rasanya memang tidak nyaman apabila hidup selalu terkekang oleh larangan makan-makanan apalagi itu sangat enak. Disatu sisi kita ingat akan penyakit darah tinggi kambuh, namun di sisi lain kerinduan akan makanan enak. Seorang yang terkena hipertensi atau darah tinggi harus menghindari lemak trans dan lemak jenuh. Kedua makanan tersebut biasanya membuat selera makan kita meningkat seperti rendang, gulai kambing, ayam tepung dan sebagainya.

Bahaya Darah Tinggi Kambuh

Akibat tekanan darah tinggi yang tidak terkendali berakibat pada jantung bekerja harus lebih keras dari biasanya. Hal ini jika dibiarkan akan merusak kondisi tubuh, ujung-ujungnya mungkin saja terjadi gagal jantung atau serangan jantung.

Tonjolan pada dinding arteri jantung akan pecah secara tiba-tiba dan menyebabkan penderitanya mengalami Aneurisma. Kemudian aliran darah dari arteri yang menuju ginjal akan terganggu yaitu terjadi penyempitan sehingga mengeras dan lemah. Tidak sedikit seorang pengidap hipertensi mengalami Ginjal Kronis.

Makanan Enak Alternatif Bagi Penderita Hipertensi

Lalu bagaimana solusi agar tidak terpenjara pada larangan makanan enak?. Anda sebenarnya boleh mengkonsumsi makan-makanan mengandung lemak trans dan lemak jenuh dalam batas wajar. Namun, agar tidak terjadi darah tinggi kambuh konsumsi dahulu Herbal Drinks PROXIMA. Minuman ini sudah diformulasi menurunkan darah tinggi dalam waktu singkat.

1.     Herbal Drinks Garcitens PROXIMA

Proxima adalah minuman herbal fermentasi mengkudu dan herbal lainnya diformulasi dengan teknologi terkini sebagai penurun hipertensi dalam waktu singkat. Biasakan untuk mengkonsumi PROXIMA terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi makanan berlemak.

Baca Juga  Wasapada! Inilah Darah Tinggi Ciri cirinya

2.     Kacang-kacangan

Takut akan darah tinggi kambuh?, kacang-kacangan mengandung lemak omega 3 yang menguntungkan. Beberapa jenis kacang-kacangan juga mampu menurunkan kolesterol. Jadi, anda ingin ngemil di sore hari untuk melawan rasa jenuh? Kacang menjadi camilan yang asik.

3.     Rempah & Bumbu Pengidap Darah tinggi

Jangan menjadikan garam dan vetcin sebagai bahan utama penyedap makanan. Karena bahan ini menjadi bahan terlarang penyebab darah tinggi kambuh. Lebih baik anda menambahkan rempah seperti jahe, lada, bawang putih, kunyit dan sebagainya yang lebih sehat. Selain bahan rempah-rempah tersebut dapat menyedapkan makanan, resiko darah tinggi kambuh pun jadi berkurang.

4.     Daging Ayam Tanpa Kulit & Lemak

Dibandingkan dengan daging merah, ayam memiliki kandungan yang lebih sedikit kolesterol dan lemak jenuh. Caranya, anda jangan mengkonsumsi bagian kulit dan lemak ayam yang menyebabkan kolesterol meningkat pada pengidap hipertensi. Kini anda bisa menikmati sate ayam, ayam bakar, burger ayam, bubur ayam dan banyak lagi lainnya makanan berbahan dasar ayam.

5.     Sayur-sayuran berdaun hijau

Makanan ini mengandung magnesium seperti biji-bijian dan kacang-kacangan. Magnesium sangat dibutuhkan untuk mengurangi tekanan darah. Semakin banyak kadar magnesium dalam tubuh akan semakin baik bagi kesehatan tubuh. Sayur-sayuran hijau jenis bayam, kangkung, pokcoy memiliki kandungan magnesium yang membantu mengurangi tekanan darah. Anda bisa mengkonsumsi sayuran ini dalam racikan sayur bening, lodeh, tumis dan sebagainya.

6.     Buah Delima

Delima kaya akan antioksidan yang sangat baik bagi jantung. Sebuah penelitian di Queen Margaret menemukan dari jus sari buah delima dapat membantu mereka yang terjadi darah tinggi kambuh. Mereka yang dilakukan penelitian melaporkan bahwasanya dengan minum 16 ons jus buah delima setiap hari selama 4 minggu terjadi penurunan tekanan darah.

Baca Juga  Tak Mesti Tua, Penyebab Darah Tinggi Pada Usia Muda

7.     Bawang Putih

Bawang putih dapat menyedapkan masakan anda, jangan khawatir untuk menggunakannya karena bahan ini menguntungkan. Senyawa dalam bawang putih sangat berguna bagi orang yang terkena darah tinggi atau hipertensi. Jika ingin mendapatkan reaksi yang maksimal anda bisa mengkonsumsi bawang putih yang masih mengandung banyak enzim yaitu ketika mentah.

8.     Yogurt

Banyak bukti menunjukkan bahwasanya yogurt berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi kambuh. Ada berbagai macam yogurt tersedia di pasaran, pastikan anda memilih yogust yang rendah lemak. Hal tersebut karena seorang pengidap hipertensi harus menjauhi makanan lemak trans dan lemak jenuh.

9.     Ikan

Selain ayam yang memiliki lemak jenuh yang sedikit, hal itu juga bisa didapatkan pada ikan. Ketika darah tinggi kambuh sebisa mungkin seorang menghindari makanan daging merah. Dikabarkan dari American Heart Association bahwasanya omega 3 dalam ikan bisa mengurangi risiko apenyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah. Contohnya ikan tongkol merupakan ikan yang sangat dipercaya mampu mencegah hipertensi.

10.  Makanan Yang Memiliki Flavanol

Dikabarkan dalam Sport Medicine bahwasanya Flavanol membantu mengatur tekanan darah pada partisipan yang mengalami obesitas. Mereka berolahraga dan terjadi stress, kemudian flavanol mampu menguranginya.

Anda bisa menemukan flavanol  pada buah-buahan seperti beri, apel, mengkudu. Makanan lainnya seperti kacang-kacangan, teh, cokelat dan sebagainya. Dikutip alam jurnal Scientific Reports dan dilansir dari Medical Daily Anda mungking dapat membantu tekanan darah menurun dengan makanan yang mengandung flavanol. Mere

Telah diuji lebih dari 25000 orang yang melakukan diet di Norfolk, inggris. Para peneliti di University of Reading membandingkan makanan konsumsi para partisipan dengan pengaruhnya tekanan darah tinggi. Ditemukan ada sebuah perbedaan tekanan darah 2-4mmHg pada mereka antara asupan flavanolnya terendah dan tertinggi. Keadaan yang mirip juga ditemui pada orang-orang yang menjalani diet mediterania.

Baca Juga  Mengenal Buah Mengkudu Khasiatnya Yang Banyak

Konsultasikan Ke Dokter

Jika anda masih ragu untuk mengubah pola makan anda secara drastis terlebih dahulu konsultasikan kepada dokter. Dengan menambah maupun mengurangi model makanan tertentu bisa mempengaruhi sedikit atau tidaknya mempengaruhi seluruh kesehatan anda.

Jika ditemukan analisa pengukuran tekanan darah di atas normal, tentunya dokter akan menyarankan anda untuk perbaikan pola hidup. Mengkonsumi makanan yang rendah garam dengan rutin berolahraga setiap harinya.

Jika Tekanan Darah Tidak Terkontrol

Apabila anda sudah menjalankan pola hidup yang baik namun tekanan darah belum terkontrol akan diberikan obat yang membantu menurunkan tekanan darah. Namun, anda tidak bisa sembarangan dalam mengambil pengobatan, harus disesuaikan dengan anjuran dokter.

Meminum obat hipertensi dalam jangka yang panjang akan menimbulkan gangguan pada organ, terutama ginjal. Ini adalah efek samping yang sering dikhawatirkan para pengidap hipertensi. Apabila ginjal rusak bisa berakibat pada kerusakan jaringan tubuh yang lainnya.

Minuman Herbal Penurun Darah Tinggi

Saat mengalami gangguan tekanan darah yang tidak terkontrol, komplikasi seperti stroke bisa saja sewaktu-waktu terjadi. Bukan saja untuk orang tua, di usia muda juga memiliki risiko hipertensi yang berakibat demensia ketika lanjut usia.

Rutin konsumsi garcitens PROXIMA untuk tetap mempertahankan tekanan darah di usia produktif agar tetap normal. Kandungan probiotiknya yang maksimal mampu menurunkan tekanan darah tinggi dalam waktu singkat. Makan makanan enak pun kini tidak khawatir lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *