Wasapada! Inilah Darah Tinggi Ciri cirinya

Wasapada! Inilah Darah Tinggi Ciri cirinya

Darah tinggi ciri-cirinya harus anda ketahui sebelum penyakit ini tertimpa pada diri anda. Seringkali pengidap darah tinggi tau setelah tertimpa penyakit jantung dan kolesterol berat.

Badan dunia kesehatan (WHO) mengabarkan bahwasanya penderita hipertensi atau darah tinggi secara global selalu mengalami peningkatan. Mengapa demikian?, karena banyaknya sangat acuh dan tidak memperdulikan. Terkadang darah tinggi ciri cirinya suatu hal yang sepele seperti sakit kepala, susah buang air kecil, nafas sesak dan lain sebagainya.

Lalu bagaimanakah ciri-ciri di atas sebuah prediksi kalau anda terkena hipertensi? Apakah sama dengan sakit kepala biasa. Mari kita simak penjelasannya dari berbagai sumber yang khasiatmengkudu.com rangkum khusus untuk anda.

Pusing

Darah tinggi ciri cirinya yang pertama adalah pusing, namun berbeda dengan sakit kepala darah tinggi ini terjadi karena efek obat. Pusing harus diwaspadai ketika timbul tanpa sebab dan alasan yang jelas.

Rasa pusing yang tiba-tiba timbul biasanya dibarengi dengan ketidakseimbangan tubuh seseorang, dan ini merupakan indikasi stroke. Keadaan semakin parah ketika penderitanya secara mendadak mengalami kesulitan berjalan. Hal itu disebabkan tekanan darah tingginya telah mengkomplikasi penyakit menjadi stroke ringan sampai berat.

Wajah Memerah

Wajah penderita tekanan darah tinggi bisa dikenali dengan warnanya yang memerah. Biasanya wajah akan lebih merah daripada kesehariannya. Keadaan ini disebabkan adanya pelebaran pembuluh darah pada wajah sehingga mempengaruhi warna kulit.

Seperti dalam keadaan faktor lingkungan ketika terpapar sinar matahari, udara dingin, makan makanan pedas, produk perawatan wajah dan minuman panas. Ini adalah suatu respons mendadak dalam kondisi lingkungan sekitarnya.

Tekanan psikis bisa juga mempengaruhi atau menjadi penyebab selain keadaan di atas. Kondisi yang sementara waktu bisa terjadi saat mengkonsumsi alkohol, olahraga dan minuman panas.

Baca Juga  Cara Tetap Makan Enak Walau Darah Tinggi Kambuh

Sesak nafas sampai pandangan kabur

Darah tinggi ciri-cirinya mengalami sesak nafas. Hal ini harus diwaspadai apabila membuat penderita menjadi tidak nyaman sama sekali. Ada hal yang tidak beres pada paru-paru dan jantung ketika terjadi tekanan darah tinggi.

Saat jantung kesulitan memompa  darah melewati paru-paru dan menyebabkan sesak nafas, tiba-tiba penderita mengalami mata kabur. Ini bisa dikenali apabila penderita tidak memiliki penyakit rabun jauh atau dekat. Yang demikian terjadi karena pembuluh darah pada mata sedang tidak beres. Apabila terus dibiarkan bisa menyebabkan kebutaan pada seseorang.

Mimisan

Gejala tekanan darah tinggi ciri cirinya yang tidak boleh diabaikan apabila terjadi mimisan atau pendaharan dari hidung. Keadaan ini disebabkan adanya infeksi sinus, yaitu jaringan lembap yang memasok pembuluh darah rusak dan terluka sampai menyebabkan pendarahan.

Seiring mimisan terus terjadi, arteri koronen yang menyampaikan darah pada jantung melambat dan terjadi penyempitan. Ketika plak arteri mengeras, gumpalan darah terbentuk dan mengakibatkan serangan jantung yang hebat.

Beberapa penderita hipertensi terjadi mimisan saat mengalami sakit kepala. Dalam istilah medis disebutkan bahwa ini krisis hipertensi.

Kehilangan Keseimbangan Tubuh

Gejala tekanan darah tinggi ciri cirinya kadang sulit dikenali. Meski demikian penderita yang mengalami sakit kepala hebat pasti bisa mengidentifikasinya. Kehilangan keseimbangan akan terjadi pada penderita darah tinggi.

Hal ini harus diwaspadai bagi penderita yang sudah merasakannya. Komplikasi sebuah penyakit akan terjadi pada tahap tersebut ke tahap stroke. Melakukan pemeriksaan ke dokter sebelum terlambat adalah langkah yang sebaiknya dilakukan agar penyakit tidak semakin parah.

Kesulitan Buang Air Kecil

Kesulitan buang air kecil memang sering diacuhkan dan sulit dikenali bagi penderita. Padahal kesulitan buang air kecil bisa menjadi indikasi tekanan darah tinggi. Keadaan saat tekanan darah tinggi telah menuju pengaruh kinerja buruk ginjal si penderita.

Baca Juga  Mengenal Buah Mengkudu Khasiatnya Yang Banyak

Sistem organ ginjal bisa menurun dengan sendirinya. Peran ginjal yang tadinya menyaring racun kemudian dikeluarkan melalui urin, kondisi ini justru urin susah diproduksi sampai penderita mengalami perut kembung.

Pendarahan Pada Urin

Setelah kesulitan buang air kecil, tekanan darah tinggi ciri cirinya pendarahan pada urin. Kerja ginjal saat ini sudah sangat parah sehingga harus dilakukan pemeriksaan. Tentu saja, darah pada urin tidak bisa terlihat, hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop.

Keadaan ini disebut dengan hematuria. Yaitu suatu proses pecahnya kista pada ginjal, atau ada pembuluh-pembuluh darah yang pecah di sekitar kista. Gejala ini biasanya terjadi berlangsung selama sekian hari, apabila tidak diobati akan semakin memperparah keadaan.

Ritme jantung tidak teratur

Ritme jantung yang tidak beraturan akan lebih cepat dari biasanya seperti kondisi saat seseorang mengalami ketakutan dan cemas. Mengenalinya mungkin agak sulit, tetapi apabila biasa dilakukan akan mudah mendeteksinya.

Bedanya kecepatan jantung antara yang sehat dengan penderita hipertensi adalah saat sedang beristirahat. Di mana seorang yang sehat ketika sedang istrirahat detak jantungnya semakin tenang dan teratur. Penderita tekanan darah tinggi ciri cirinya mengalami detak jantung tak beraturan saat tidur atau istirahat. Sebagian penderita ada sampai mengalami henti jantung sepersekian detik.

Detak jantung penderita tekanan darah tinggi ada sensasi yang dirasakan pada tenggorokan, leher dan rahang. Saat keadaan seperti ini kinerja jantung tidak normal, yaitu dipaksa bekerja ekstra cepat dari biasanya dan tentu sangat berbahaya. Inilah yang menjadi penyebab gagal jantung yang berakhir pada kematian.

Darah tinggi ciri cirinya kenali gaya hidup

Pola makan tidak sehat

Perhatikan pola makan anda apakah terlalu tinggi garam atau makanan asin yang bisa sebabkan hipertensi. Makanan tinggi akan serat sebaiknya menjadi konsumsi utama dan menjauhi makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans.

Baca Juga  Tak Mesti Tua, Penyebab Darah Tinggi Pada Usia Muda

Kurang Aktivitas

Kesehatan jantung dan pembuluh darah bisa ditunjang oleh aktivitaas fisik yang baik. Kurangnya aktivitas bisa menjadi sebab bertambahnya berat badan yaitu kegemukan dan tekanan darah meningkat.

Tidak seimbangnya antara asupan makanan dengan kebutuhan energi sering menjadi pengantar pada kegemukan bahkan obesitas. Obesitas ialah berlebihan antara jumlah total lemak lebih banyak 20% dibanding berat badan ideal.

Merokok

Jantung dan pembuluh darah mudah terusak oleh kegiatan merokok. Kandungan nikotin mempercepat peningkatan darah, sedangkan karbonmonoksida mengurangi kadar oksigen yang dibawa oleh darah. Bahkan bukan Cuma perokok aktiv, perokok pasif pun beresiko mengalami gangguan jantung dan pembuluh darah.

Mudah Marah

Secara umum seorang pengidap darah tinggi sering mengalami perubahan suasana hati. Sehingga seorang yang mudah marah sudah seharusnya memanajemen emosinya. Cara terbaiknya dilakukan adalah meluapkan kemarahan setelah mendapatkan ketenangan.

Contohnya saat anda marah maka pergilah ke tempat yang sepi, menjauhlah dari sumber kemarahan tersebut. Setelah anda merasakan ketenangan kondisi tersebut, luapkanlah dengan bercerita pada orang terdekat. Fikirkan kembali apakah kemarahan anda suatu yang sangat logis atau emosi semata.

Demikian artikel mengenal ciri-ciri darah tinggi yang mungkin terjadi pada diri kita tanpa disadari.

Segera perbaiki gaya hidup tak sehat dan mengkonsumsi makanan berserat agar kesehatan terjaga terhindar dari kolesterol jahat.

Dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *